Buat Website Itu Gampang !

Nah, Siapa sih yang masih suka bilang buat/bikin website itu susah ? Helloo… ini uda tahun berapa ? Kalian masih mikirin kodingan yang super duper ribet ? Uda ga jaman lah yaa… Buat website itu gampang ! Asalkan kalian sudah tahu dasar-dasar pembuatannya. Nih ya sahabat temakoo yang setia, disini akan kita kupas abis cara buat website itu semudah membalikkan telapak tangan, hehe… simak baik-baik ya.. !

Hal-hal yang sebelumnya perlu sahabat temakoo siapin nih sebelum buat website, antara lain ;

Persiapan.

Dasar-dasar

Siapin Konten.

Eksekusi.

Selesai.

PERSIAPAN

Proses persiapan ini faktornya cuman ada 2 kok, yang pertama persiapan mental sama persiapan niat buat websitenya. Lha kok ga nyambung ? emang ada kaitannya ? Jawabannya sudah pasti ada.

Persiapan mental, mental ini harus dikembangin dulu kalo emang mau ke arah digital jaman sekarang, jangan setengah-setengah dong bray.. Masak iya uda mau terjun ke era digitalisasi masih takut ini itu dan sebagainya. Apalagi takut ga bisa buat website karena ga bisa koding, Udah buang jauh-jauh masalah itu, toh disini kalian bakal tau kok tips dan trik buat website itu nyatanya gampang!.

Persiapan niat, niat beda sama mental, kalo niat musti dilandasi kemauan dan kegigihan serta pencapaian pada titik yang kalian tentukan, mau sampe mana nih jangka panjangnya website kalian nantinya? Harus bener-bener diniatin deh mulai dari sekarang, dunia digital itu gampang-gampang susah kok. Susahnya ya kalo berhenti di medan perang belum take-action uda lesu, ya gimana mau jadiin website sebagai aset digital kalo gitu caranya ? yekhaann..

Dasar-Dasar

Yang perlu diketahui sahabat temakoo, buat website yang gampang itu harus paham dulu dasar-dasarnya, hmm.. Konteks kita ga ke arah koding kok, jadi kesampingin dulu bahasa kodingnya. Kembali kedalam dasar-dasar tadi, yang dimaksudkan adalah kalian paling tidak wajib hukumnya mengenal yang namanya Hosting, Domain, baru setelah itu mau pake bahasa apa websitenya, karena disini penjelasannya terkait CMS WordPress dan PHP sebagai dasar bahasanya, sahabat temakoo cukup memahami cara install wordpress dalam cpanelnya. Gimana caranya ? cari lah di google, jangan disini, disini ngejelasin buat website itu gampang, bukan tutorial intern secara mekanisnya hehe :v

Oke lanjut, setelah mengetahui hosting, domain, wordpress tadi barulah ke bagian yang namanya si pembuat konten/mesin penampil website yang familiar namanya yaitu website builder. website builder itu macemnya banyak, ada yang namanya elementor, divi, wp-backery, oxygen, dan masih banyak lainnya. Terus kira-kira builder mana nih cocok untuk pemula ? Menurut temakoo sih elementor ya, karena dari segi widget buildernya itu simpel, implementasinya mudah, dan ringan buat webiste itu sendiri. Ringan yang dimaksud proses kinerjanya, kalau untuk kecepatan load websitenya sih tergantung dari banyak faktor, salah satunya plugin, tema atau isi konten file dalam website. Loh plugin ? apa lagi itu ? banyak sekali istilahnya untuk web ini.. Begini, plugin itu script tambahan yang fokusnya untuk melakukan fungsi dalam website wordpress itu sendiri. Loh kok malah bicara script ? bukannya tadi ga bahas koding/script ya ? Tenang dulu bro.. plugin wordpress itu uda disediain , ada yang versi berbayar ada juga yang versi gretongan hehe.. Disini juga nyediain peluang buat kalian bikin plugin sendiri kok, bisa dijual lagi loh.. Balik modal gede pastinya, hehe. Nah dari dasar-dasar tadi paling tidak kalian harus tau dan menguasai dulu, biar waktu take-action ga kelimpungan mau diapain nih websitenya. Ga mau ribet ?? langsung aja minta bikin temakoo buat bikin websitenya.

KONTEN

Konten yang dimaksud isi dalam kemasan website kalian, secara garis besar merupakan struktur dan layout untuk komposisinya. Mulai dari Header, Menu, Banner (Hero), Slider, Gambar, Teks, Audio, Video sampai pada footer (bagian bawah webiste). Bikin kerangka konten di secarik kertas, lalu tuangkan imajinasi dalam website dengan salah satu website builder tadi. Kalau udah familiar sama tools bikin kerangka atau wireframe pakai tools tersebut, contohnya sih banyak salah satunya Adobe Xd, Figma dan lain sebagainya.

EKSEKUSI

Proses pembuatan konten tadi anggaplah uda usai, Beralih yang namanya eksekusi yang dimaksudkan kalian ambil langkah untuk implementasi kedalam website dengan alat bantu builder tadi. Masukkan per section, atur segala sesuatu sesuai dengan kerangka yang sahabat temakoo buat tadi. Mulai dari teks, gambar, audio, video dan lain lain. Jangan lupa untuk sesering mungkin melakukan save atau update, biar hasil yang uda di eksekusi tadi aman dan tidak mengulang di tahap awal proses eksekusi website.

SELESAI

Tahapan demi tahapan sudah sahabat temakoo lalui, kini saatnya proses finishing (penyelesaian) dengan cara meninjau kembali hasil implementasi tampilan pada webiste yang sesungguhnya. Usahakan untuk update dan upgrade agar tidak bosan melihat isi konten website kalian, mungkin dengan tambah artikel, tambah fitur jualan, tambah fitur giveaway, bebas lah pokoknya. Terpenting pengnjung nyaman dan betah di website yang sudah kalian buat.

PENUTUP

Gimana sahabat temakoo ? buat website itu gampang kan ? Ga perlu koding, ga perlu script, cukup modal webiste builder saja udah jadi tuh websitenya. Jaman sekarang website sudah bisa jadi aset digital loh, bukan cuman tanah,rumah atau property lain. Banyak start-up yang berkembang dan danai oleh investor karena bisnis dari websitenya melejit omzetnya. Mau seperti mereka ? Kalau temakoo sih mau banget, udah mulai start malah, kalian kapan nih ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *